Prenatal Yoga

Rabu, 06 September 2017

Hay!

Kali ini saya mau share tentang Prenatal Yoga yang saya lakukan di Trimester Tiga kehamilan. Hahaha. Parah banget baru mulai di trimester tiga, ya apa daya, skripsi saya bener-bener menyita waktu, tenaga, dan pikiran, padahal setelah sekarang semuanya selesai, saya jadi mikir, bisa jadi kalo waktu itu saya tetep yoga pasti badan dan pikiran saya lebih segar. Hahah yoweslah ya.. Oke! I'm supposed to share semuanya nih ya, cuma berhubung saya nggak foto-foto di tempat yoga, jadi yaudah saya ketik sejadinya dulu ya. 

Oke Nyonya-nyonya hamil sekalian, jadi yoga ini menurut saya termasuk yang penting banget untuk dilakukan selama hamil, why? Karena banyak gerakan yang bisa mengoptimalisasi posisi janin, yang sungsang dibikin ga sungsang, yang sempit diluaskan, yang belum turun bisa dibikin turun dengan yoga. Dan tentunya karena olahraga satu ini cukup membuat menggeh-menggeh, jadi bisa menyegarkan juga. Dan obrolan di kelas itu, bisa ngurangi back pain dan masalah-masalah lain selama kehamilan, yang ini saya kurang tau, karena alhamdullillah ga mengalami. 

Ini sebenernya bagian dari salah satu ikhtiar sih, usaha, jadi Nyonya Hamil itu beda-beda banget experience-nya. Ada yang ga mual dan muntah, ada yang iya, ada yang heart-burn, back pain, kaki bengkak, macem-macem lah, ada yang enggak. Begitu juga dengan lahiran, rejeki-rejekian, ada yang gampang, ada yang drama. Nah, kita nggak tau sebenernya kita yang mana, cuma ini salah satu. Kalo ternyata udah yoga, tapi tetep drama, yaudah pasrahkan, terima aja, Dedek Bayi maunya begitu. Banyak juga yang terbantu dengan ikut yoga, asli deh menyenangkan! 

Oke jadi saya memulai yoga ini dengan survey tempat yoga, setau saya di Jakarta ada di tiga tempat, saya sempet coba dua doang, karena yaitu, keburu ke Jogja. Yoga ini bisa dimulai dari 24weeks sampe bukaan satu juga boleh haha, untuk yang sering olahraga, dimulai less than 24weeks boleh. 

1. Nujuh Bulan Studio, lokasinya di Bintaro
Saya ambil kelas Introductory Workshop Prenatal Yoga. Jadwalnya setiap sabtu 13.00-14.30, biayanya 250ribu. Awalnya saya pikir perlu kelas intro karena saya bener-bener blank tentang prenatal yoga. Nah, disana diajarin macem-macem sih gerakan dasar. Tapi kalo nggak mau ikut juga ga papa sebenenernya. Tapi kalo mau kelas Prenatal Yoga di Nujuh Bulan, harus ikut kelas intro dulu.  Kelas Prenatal Yoga nya sendiri ada 4x seminggu, 225ribu sekali datang, dan lebih hemat kalo ambil paket. Dan Nujuhbulan ini termasuk yang super lengkap, ada couples yoga for birth, childbirth education class, breastfeeding and newborn care, postnatal yoga, fertility yoga, woman circle, sampai doula dan birth photo. Seru ya! Cek aja instagramnya @nujuhbulanstudio or email ke info.nujuhbulan@gmail.com, karena pas email minta info, aku dikasih info lengkap : deksripsi, jadwal, dan biaya. 

2. Pro-V clinic, lokasinya di Permata Hijau
Saya ambil kelas Prenatal yoga 3x disini, sepaket 420rb, kalo sekali dateng 150rb. Ini juaraaaa banget sih! Ku cinta banget yoga disini. Sayangnya cuma bisa 3x, karena hari terakhir saya yoga, malemnya saya ke Jogja karena udah 35weeks kan batas terbangnya. Huhuhu. I left my heart there. Jadi kelasnya super nyaman, karena cuma 7 orang, cuma ya itu antrinya duh drama kumbara, coba dulu deh, nanti mereka konfirmasi kok sehari sebelum, kita dapet enggak. Suasana kelasnya oke banget, temaram, dingin, dan musik yoga nya yang syahdu masuk ke relung jiwa. Beh! 

Apalagi bersama doula kesayang Nyonya Hamil se Jakarta, Mbak Mila. Aku 2x sama Mbak Mila, 1x sama Mbak Ocin. Jadi yoga disini dibagi tiga sesi, pemanasan dengan latihan napas dan ngobrol sama dedek bayi, dipandu sama Mbak Mila dengan suaranya yang serak-serak syahdu, biasanya di sesi ini, Adek nendang-nendang banget haha kesenenengan. Terus gerakan yoga yang heboh-hebohnya sampe mengucur keringat tes tes tes ke yoga mat, dan yang terakhir tinggal relaksasi, tiduran santai-santai sambil dengerin suara Mbak Mila memandu untuk afirmasi positif. Senang pokoknya! :) Membahagiakan. Sampe ada yang ketiduran segala, haha, terus habis yoga, boleh berenang kalo mau, saya kebetulan belom nyoba. Hiks. 

Nah disini kelasnya juga banyak banget, salah satunya yang penting adalah Holistic Childbirth Education for Gentle Birth, Hypnobirthing, Hyprnobreastfeeding gitu, biasanya sebulan 1-2x, harus banget booking cepet-cepet karena pasti full. Nah kalo ga dapet, bisa janjian kelas private aja sama Bu Lanny Kuswandi. Oiya, ada jasa doula juga kalo mau didampingi selama proses lahiran. Kalo mau cek bisa ke IG @provclinic, pengumuman mereka lengkap biasanya udah sama biaya, cara daftar, dan ngapain aja. 

3. Yoga Balance Yogyakarta, lokasinya di Hotel Puri Artha
Diasuh oleh Klinik Bidan Kita, Klaten
Nah jadi setelah di Jogja, saya yoga di yoga balance, setiap selasa ada jam8.30 dan jam10.30. Instrukturnya Bu Yessie, bidan paling hits se Indonesia Raya, belom pernah sih bareng Bu Yessie, dan Mbak Ita yang super care dan baik hati. Jadi yoga disini, subhanallah! Gerakannya 2-3x lipatnya di prov hahaha, capekk, ditekuk, tekuk, tekuk, wow... Bahaha. Mantap pokoknya! Kalo ke Klaten nya baru mau nyobain, tapi ya 11-12 karena instrukturnya sama. Nah, kalo di klinik bidan kita ini juga lengkap, ada kelas hypnobirthing, ada private, ada bermacam-macam pijat, periksa hamil, bisa lahiran disana juga atau homebirth, dan Bu Yessie ini emang keliling Indonesia, mostly Jakarta dan Klaten sih, untuk kelas private dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Gentle Birth dan Yoga. Bu Yessie ini juga pengampu @keluargagentlebirth, dimana kita bisa join ke grup telegramnya dan nanti bisa diskusi disana + ada teleminar namanya, dimana Bu Yessie akan ngasih materi macem-macem. 

Nah untuk yang penasaran, boleh diliat-liat dulu disini :
1 http://www.bidankita.com/7169-2/
2 https://www.youtube.com/watch?v=i-WxX7RP-ms
3 https://www.youtube.com/watch?v=QGsJIm_MV7I

Selamat mencoba Prenatal Yoga ya Nyonya-nyonya Hamil! 
Setiap hariiiii yaaa... :)))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar